Jenis Vacuum Pack Machine Dalam Penyimpanan Makanan

Tahukah Anda bahwa ada beberapa jenis jual vacuum pack machine yang dapat Anda temukan di pasaran? Adanya beragam pilihan mesin vacuum packing bisa membantu Anda memilih mana yang paling pas sesuai kebutuhan Anda.

Kalau begitu, apa saja ya jenis-jenis mesin vacuum packing? Simak rangkumannya di bawah ini!

Mesin Vacuum Packing Sedot

Jenis alat yang satu ini juga bisa disebut sebagai vacuum pack machine eksternal karena proses penyedotan udaranya dilakukan di luar mesin. Biasanya, mesin vacuum packing ini paling banyak dijual dengan menarget segmen rumah tangga karena harga yang jauh lebih terjangkau.

Nantinya, alat penyedot udara (vacuum) dipasang pada mulut kemasan untuk membantu membuang udara dari dalam. Biasanya, sealer digunakan untuk menyegel kemasan usai divakum.

Single Chamber Vacuum Machine

Diberi nama single chamber karena hanya ada satu ruang untuk meletakkan produk yang akan di vakum untuk dikemas. Begitu produk ditempatkan di dalam mesin, tutup mesinnya dan nyalakan agar mesin bisa menyingkirkan udara dari dalam kemasan. Tekanan digunakan untuk menekan udara yang tersisa.

Biasanya, jenis mesin vacuum packing ini digunakan untuk pengemasan makanan dengan volume rendah hingga medium. Selain itu, jenis yang satu ini juga dapat digunakan untuk pengemasan bahan makanan dalam bentuk cairan.

Double Chamber Vacuum Machine

Secara garis besar, jenis mesin vacuum packing satu ini punya cara penggunaan mirip jenis yang single chamber. Hanya saja, cara kerjanya sebenarnya berbeda.

Begitu produk ditempatkan di dalam, mesin ditutup, dan udara disedot keluar, ada komponen segel di dalamnya yang berfungsi menyegel produk di dalam sebuah kantong. Begitu kantong disegel, mesin akan diisi kembali dengan udara bertekanan untuk membantu menghilangkan sisa udara di dalam kemasan sepenuhnya.

Biasanya, mesin ini digunakan untuk pengemasan makanan dengan volume medium dan bisa dimanfaatkan untuk memvakum serta menyegel produk bahan makanan cair.

Selain itu, double chamber vacuum pack machine juga umum digunakan dalam pengemasan daging segar, daging olahan, keju, permen, dan coklat.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top