5 Langkah Merawat Besi Plat Strip Agar Awet Dan Tak Mudah Karatan

Hanya karena memiliki kelebihan seperti tak mudah berkarat bukan berarti besi plat strip lepas dari kekurangan. Apalagi kalau Anda jarang memberikan perawatan untuk memperpanjang usia pakainya. Bukan hanya membuatnya cepat rusak, akan ada biaya yang harus dikeluarkan untuk menggantinya.

Pemeliharaan pada besi plat strip

Lalu, apa saja langkah yang sebaiknya Anda terapkan untuk menjaga kualitas plat strip?

  1. Perhatikan cara simpannya

Cara Anda menyimpan material bangunan akan berdampak pada kualitas sampai daya tahan pemakaian. Hal ini berlaku juga pada plat strip dengan besi sebagai bahan utama. Pastikan untuk menaruhnya di tempat kering serta jauh dari tingkat kelembaban tinggi dan bahan kimia berbahaya.

  1. Lindungi dengan lapisan khusus

Langkah berikutnya yang aman diterapkan sebagai pemeliharaan pada besi untuk plat strip ialah pemberian lapisan khusus antikorosi. Anda bisa berikan lapisan ini sesuai kebutuhan. Misalnya untuk plat strip di luar ruangan, tingkat pemakaiannya akan lebih sering daripada di dalam ruangan.

  1. Bersihkan permukaan plat strip

Penumpukan kotoran adalah faktor yang tak jarang merusak permukaan besi plat strip. Saat terlalu lama dibiarkan, gangguan ini juga yang mengurangi ketahanannya dan mengakibatkan besi berkarat. Untuk itu, jadwalkan pembersihannya sebagai tindak pencegahan yang mudah.

  1. Pantau kondisi fisik besi

Salah satu cara yang membantu Anda menekan peluang kerusakan maupun risiko lainnya adalah memantau adanya tanda-tanda kerusakan sedini mungkin. Segera lakukan tindakan apabila terdapat tanda yang berisiko merusak material, terutama saat dibiarkan terlalu lama.

  1. Jangan tunda proses perbaikan

Menyambung dari poin sebelumnya, perbaikan pada kerusakan semestinya dilakukan sejak Anda menemukan tanda-tandanya sekecil apa pun itu. Contohnya seperti retakan yang bisa menjadi faktor penyebab seperti patahnya besi. Langkah ini juga secara tak langsung bakal menekan pengeluaran.

Demikian langkah-langkah yang dapat Anda jadikan sebagai pemeliharaan pada besi plat strip, baik yang belum dipakai maupun sudah diterapkan pada konstruksi. Tak hanya menjaga estetikanya, cara ini juga membuat komponen lebih awet.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top