Cara Mengatasi Jamur Dinding, Salah Satunya Bisa Dengan Mengaplikasikan Cat Tembok Indoor Anti Jamur!

Tingginya kelembaban udara di suatu tempat misalnya di rumah dapat memicu tumbuhnya jamur, tak terkecuali pada dinding rumah. Itu tentu sangat mengganggu dan berdampak buruk pada kesehatan penghuninya, maka harus segera dicari solusi untuk mengatasinya. Inilah beberapa cara mengatasi dinding berjamur, salah satunya dengan menggunakan cat tembok indoor anti jamur.

  • Identifikasi dan Perbaikilah Sumber Kelembabannya

Cari tahu terlebih dahulu dari mana sumber kelembaban di rumah Anda tersebut, kemudian perbaikilah masalahnya. Mengatasi sumber penyebab kelembaban ini merupakan langkah utama dalam upaya menghindari terulangnya masalah tersebut di masa depan. Misalnya apakah sumbernya dari rumah itu sendiri seperti kebocoran atap/pipa, atau penyebab lainnya.

Identifikasilah jenis kelembabannya, apakah itu lembab dari tanah, atau jenis kelembaban yang sampai tembus dinding, dan lain sebagainya. Ketahui hal ini terlebih dahulu karena langkah perbaikannya bisa saja tergantung pada jenis kelembabannya.

  • Bukalah Jendela dan juga Ventilasi Ruangan

Salah satu cara untuk mengatasi dinding dalam rumah yang lembab dan berjamur adalah dengan menghadirkan sirkulasi udara yang baik di area tersebut. Rutinlah buka jendela dan juga ventilasi ruangan khususnya ketika matahari sedang bersinar cerah. 

Cara ini membantu mengurangi tingkat kelembaban di ruangan tersebut serta memastikan bahwa udara d isitu tetap segar. Dihadirkannya sirkulasi udara yang baik nantinya akan mengurangi resiko tumbuhnya jamur, misalnya di dinding.

  • Bersihkan dengan Larutan Anti Jamur

Pada kasus tembok yang lembab dan berjamur, Anda sebagai pemilik rumah bisa membersihkannya menggunakan larutan/cairan penghilang jamur pada dinding yang terkena jamur. Pastikan Anda bersihkan secara menyeluruh.

  • Gunakan Dehumidifier

Penggunaan dehumidifier juga bisa membantu untuk mengurangi kelembaban yang ada di dalam ruangan. Ini adalah alat yang efektif menyerap kelembaban udara, selain itu juga bisa mencegah timbulnya jamur di masa yang akan datang, sekaligus menjaga kondisi udara di sekitarnya jadi tetap sehat. Namun, tentunya diiringi dengan pemilihan produk dehumidifier yang tepat dan tidak asal-asalan.

  • Cat Ulang Menggunakan Cat Tembok Indoor Anti Jamur

Apabila dinding yang ada di dalam rumah Anda lembab, Anda bisa juga cat ulang menggunakan cat tembok anti jamur dan lembab, namun pastikan sebelum di cat ulang, dinding tersebut sudah betul-betul dibersihkan dari jamur secara menyeluruh, tak hanya dibersihkan biasa tetapi juga dibersihkan menggunakan pencuci sterilisasi jamur seperti tadi. Oleskan cat baru hanya jika permukaan dinding Anda sudah terbebas dari kelembaban ataupun masalah jamur. Jangan lupa gunakan alat pelindung yang tepat saat proses pembersihan, seperti masker, sarung tangan, kacamata pelindung, dll.

Sekarang ini sudah ada berbagai rekomendasi cat tembok anti jamur yang bisa Anda pilih di pasaran. Penggunaan cat tembok yang anti jamur ataupun cat tembok tahan air dapat membantu mencegah tumbuhnya jamur kembali dan memberi perlindungan yang baik untuk dinding tersebut.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi dinding yang lembab dan berjamur. Jangan lupa, tentu juga harus pintar pintar memilih produk cat tembok indoor anti jamur untuk rumah.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top