|

BMKG Gorontalo: Waspadai Periode Puncak Musim Hujan

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Gorontalo mengimbau masyarakat untuk mewaspadai cuaca selama Januari dan Februari 2017, yang merupakan periode puncak musim hujan di Indonesia.

Dari dinamika atmosfer saat ini, kata Prakirawan BMKG Fathuri, Rabu, mengatakan aktifitas monsun Asia dan interaksinya dengan gelombang tropis.

Menurutnya kondisi sirkulasi angin di Indonesia cenderung mendukung pertumbuhan awan hujan terutama di kawasan Sumatera, Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara.

“Beberapa area tekanan rendah di Selatan Indonesia, juga secara bergantian memicu secara tidak langsung munculnya daerah pertemuan angin. Ini mengakibatkan intensitas curah hujan tinggi di beberapa kawasan,” katanya.

Tercatat beberapa wilayah terjadi hujan dengan intensitas lebat seperti di Bali, NTB, Babel, Sulawesi Selatan serta pesisir Selatan Jawa.

Kondisi tersebut diperkirakan membuat kondisi tanah semakin rentan untuk memicu kejadian banjir maupun tanah longsor.

Beberapa lokasi juga tertacat diterjang angin kencang seperti yang terjadi di Banjarnegara.

Di Gorontalo, bencana banjir dan longsor juga terjadi di Kabupaten Bone Bolango, Kabupaten Gorontalo, Gorontalo Utara dan Boalemo.

Pihaknya mengimbau agar masyarakat mewaspadai bencana hidrometeologi yang potensial terjadi dalam beberapa hari ke depan.

Seiring dengan peningkatan curah hujan ancaman banjir, longsor, banjir bandang, pohon tumbang juga cenderung meningkat.

Diperkirakan pada periode 30 Januari-4 Februari 2017 wilayah Lampung bagian selatan, Banten, Jawa Barat bagian Selatan, Jawa Tengah dan Timur bagian Selatan, Bali, NTB dan NTT, Sulawesi Selatan dan Barat merupakan wilayah yang berpotensi terjadi hujan dengan intensitas tinggi.(antara)

Posted by on Feb 1 2017. Filed under Hulondalo. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented

  • dompet kulit pari murah: kebersamaan untuk saling berbagi ilmu, sprt blog anda yg memberi ilmu dan faedah buat org...
  • dompet kulit ikan pari: wah artikelnya menggugah selera nih..bagus banget, sangat memotivasi dan menginspirasi
  • dompet kulit pari: tidak pernah lupa untuk saling mengingatkan, terus berbagi dengan sesama dan memberi manfaat untuk...
  • penyamakan kulit pari: Saya terkagum membaca artikel ini karena setelah membaca artikel ini pikiran saya menjadi...