|

Panglima: Laporkan Anggota TNI Terlibat Pungli

Pungutan liar (Pungli) saat ini sangat meresahkan masyarakat Hampir semua yang terkait pelayanan terhadap masyarakat selalu disertai dengan pungli. Nilai uang pungli ada yang Rp 5 ribu atau Rp 10 ribu. Angka tersebut kelihatannya kecil, tetapi bagi masyarakat sangat terasa.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberikan perhatian serius terhadap persoalan pungli. “Saya ingatkan anggota TNI tidak ada satupun yang terlibat dengan Pungli. Apabila ada anggota TNI terlibat agar masyarakat segera lapor kepada aparat satuan terdekat,” tegas Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo saat memberikan pengarahan kepada 129 Pati TNI di Aula A.H. Nasution, Mabesad, Jakarta Pusat, Senin (24/106). Sebelumnya, Panglima mengikuti Rapat Koordinasi dipimpin Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara.

Menurut Panglima, Perpres Nomor 87 Tahun 2016 tentang Satuan Tugas Sapu Bersih Pungutan Liar (Satgas Saber Pungli), sudah ditandatangani Presiden RI Joko Widodo.

Dalam Perpres tersebut, Satgas Saber Pungli bertugas untuk memberantas praktek pungutan liar secara efektif dan efisien.

“Prajurit TNI agar bantu pemberantasan Pungli, lakukan langkah-langkah konkrit, apa yang disampaikan Presiden sebagai Panglima Tertinggi tentang Pungli itu adalah perintah,” tegasnya.

Satgas Saber Pungli memiliki empat fungsi, yakni intelejen, pencegahan, penindakan serta yustisi. Menurut Jenderal TNI Gatot Nurmantyo, dalam melaksanakan tugas dan fungsi, Satgas Saber Pungli mempunyai wewenang melakukan operasi tangkap tangan.

“Buat program unggulan untuk memutus praktek Pungli sehingga ekonomi bergerak dengan baik dan stabilitas keamanan terjaga,” imbuhnya.(fri/jpnn)

Posted by on Oct 24 2016. Filed under Nasional. You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. You can leave a response or trackback to this entry

Leave a Reply

Recently Commented

  • dompet kulit pari murah: kebersamaan untuk saling berbagi ilmu, sprt blog anda yg memberi ilmu dan faedah buat org...
  • dompet kulit ikan pari: wah artikelnya menggugah selera nih..bagus banget, sangat memotivasi dan menginspirasi
  • dompet kulit pari: tidak pernah lupa untuk saling mengingatkan, terus berbagi dengan sesama dan memberi manfaat untuk...
  • penyamakan kulit pari: Saya terkagum membaca artikel ini karena setelah membaca artikel ini pikiran saya menjadi...