Seperti Apa Persiapan Sebelum Pasang Veneer Gigi?

Bagi Anda yang telah berencana untuk pasang veneer, tentu saja Anda perlu mengetahui seperti apa proses yang akan Anda lalui nantinya. Termasuk proses persiapan sebelum pemasangan veneer gigi bandung.

Veneer gigi sendiri merupakan prosedur medis yang dilakukan dengan menempelkan veneer pada bagian depan gigi. Tujuannya adalah untuk memperbaiki tampilan, bentuk, atau warna gigi.

Persiapan Sebelum Veneer Gigi

Sebelum melakukan prosedur pemasangan veneer gigi, dokter gigi akan mengevaluasi kondisi gigi dan mulut Anda terlebih dahulu. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa tidak ada tanda penyakit gigi ataupun gusi. Misalnya gigi berlubang, pendarahan gusi, radang gusi, ataupun penyakit akar gigi.

Tak hanya itu saja, sebelum prosedur dilakukan, dokter juga melakukan foto rontgen panoramik gigi. Dengan begitu, sang dokter akan bisa memastikan kondisi kesehatan gigi Anda secara keseluruhan.

Ketika dokter menilai kalau gigi Anda tidak rapi, ia akan memasang kawat gigi sementara. Tujuan dari langkah tersebut adalah untuk memastikan bahwa veneer gigi yang dipasang serasi dengan gigi-gigi lainnya.

Langkah selanjutnya dalam persiapan pasang veneer gigi bandung adalah menggerus gigi terlebih dahulu agar lapisan enamel gigi menghilang. Dalam pelaksanaan prosedur ini, dokter bisa jadi menggunakan bius lokal, atau malah tidak menggunakan bius sama sekali. Keputusannya tergantung apa jenis veneer gigi yang akan Anda pasang nantinya.

Setelah proses tersebut selesai, dokter pun bisa melanjutkan ke tahap pemasangan veneer gigi. Pada tahap ini, terdapat 2 (dua) jenis metode pemasangan veneer gigi yang umum digunakan:

  • Prep veneer, di mana gigi yang akan dipasangi veneer digerus dulu hingga mencapai lapisan bawah enamel. Karena prosedur ini dapat mengubah bentuk gigi secara permanen dan terasa menyakitkan, dokter akan menggunakan bius lokal pada pasien.
  • Noprep veneer atau minimal prep, yang prosesnya cenderung lebih cepat daripada jenis satunya. Dengan cara ini, dokter hanya akan mengubah sedikit enamel gigi tanpa menggerus hingga ke bagian bawah enamel gigi. Prosedur ini juga tidak membutuhkan bius lokal.

Demikian rangkuman penjelasan tentang persiapan pasang veneer gigi bandung. Semoga informasinya bermanfaat!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top