Apakah Prinsip Kerja Genset Berbeda Tergantung Jenisnya?

Banyak orang menganggap bahwa prinsip kerja genset akan berbeda tergantung jenis genset yang digunakan. Apakah hal ini benar? Untuk jawab pertanyaan ini, artikel berikut akan menjelaskannya bagi Anda!

Berbagai Jenis Genset yang Sering Digunakan Berdasarkan Generator

Genset yang umum digunakan dapat dibedakan menjadi berbagai jenis tergantung dari bagian generator listrik yang digunakan. Berikut adalah beberapa jenis genset yang sangat umum dijumpai digunakan dalam masyarakat:

  • Condenser
  • Automatic Voltage Regulator (AVR)
  • Digital Automatic Voltage Regulator (D-AVR)
  • Inverter

Masing-masing jenis generator ini memiliki perbedaan fungsi. Contoh saja jenis Condenser memiliki fungsi membuat listrik lebih stabill saat digunakan. Sedangkan AVR mengubah tegangan listrik output sesuai kebutuhan alat listrik yang dibutuhkan agar tidak merusak perangkat listrik.

Prinsip Kerja Genset Tetap Sama Walaupun Beda Jenis

Walaupun memiliki banyak jenis tersebut, prinsip kerja genset tidak akan berubah. Prinsip genset yang menggunakan bahan bakar untuk hasilkan daya gerak mekanik sebagai sumber listrik, masih sama. Jadi, jangan bingung saat akan beli genset yang beraneka ragam jenisnya.

Hal yang perlu diutamakan adalah efisiensi dan juga daya yang dihasilkan. Genset yang efisien akan mengelola bahan bakar lebih baik menjadi listrik. Hasilnya, dengan sedikit bahan bakar, daya listrik yang dinikmati sudah besar.

Tergantung jenis generator yang digunakan, efisiensi dan juga output listrik akan terpengaruh. Namun, dari segi prinsip kerja utama, tiap genset ini memiliki cara kerja yang sama.

Perbedaan Lebih Terletak Pada Kemampuan Kerja

Perbedaan lebih terlihat pada kemampuan kerja dan penggunaan jenis genset tersebut. Genset dengan condenser lebih cocok untuk kebutuhan cadangan listrik darurat untuk alat-alat listrik sederhana. Misal saja lampu.

Di sisi lain, genset jenis D-AVR memiliki efisiensi lebih baik dalam pengelolaan pasokan listrik menggunakan komputer digital. Hasilnya, genset ini lebih cocok untuk alat yang sensitif listrik seperti komputer kerja dan server.

Memahami perbedaan jenis genset memang penting dalam menentukan pilihan sebelum beli. Namun, jangan anggap semua genset yang berbeda jenis memiliki prinsip kerja genset yang sangat berbeda. Semua jenis genset tersebut masih menggunakan energi mekanik gerak menjadi listrik.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top