Jenis – Jenis Makanan Paling Cocok Dipanggang Memakai Convection Oven

Convection oven pada umumnya memang sering dipakai dalam proses memasak supaya jauh lebih cepat dan dapat menghemat waktu. Namun, tidak semua makanan cocok bila di masak pada oven konveksi tersebut. 

Makanan yang Cocok dimasak dengan Convection Oven

Berikut ini adalah jenis-jenis makanan yang paling cocok di masak pada oven konveksi:

1.Daging dan Ikan

Recommended convection oven satu ini memang yang paling tepat terutama bagi Anda yang suka makan daging dan ikan karena oven konveksi memang cocok dipakai untuk memanggang daging. Misalnya, olahan daging steak sangat cocok bila dipanggang pada mesin konveksi karena dapat menghasilkan seluruh bagian daging matang merata, enak dan memiliki tekstur sangat baik ketika di makan. 

Tidak hanya itu, ikan juga bisa dipanggang dengan memakai convection oven. Memiliki jenis panas kering sehingga akan cocok jika dipakai memanggang ikan. Proses pada saat memasak juga jauh lebih memiliki hasil di kulit menjadi renyah sempurna dan terasa lembut bagian dalamnya. 

  1. Membuat Kue 

Jika Anda mempunyai hobi membuat kue maka oven jenis ini paling tepat untuk Anda gunakan. Apalagi jika Anda ingin membuat kue, roti dan berbagai jenis pastry. Convection oven cocok digunakan untuk memanggang kue karena bisa memberikan tekstur lebih matang dengan sempurna serta garing secara merata. 

Anda nantinya tidak perlu merasa khawatir jika ada bagian tepung yang tidak matang sehingga dapat mengganggu cita rasa dari makanan tersebut ketika di santap. 

  1. Mengerikan Sayuran, Buah dan Rempah-rempah

Bila Anda mau memiliki umur sayuran, buah dan juga rempah-rempah lebih panjang, maka dengan beli convection oven ini bisa menghasilkan jenis pengeringan yang lebih sempurna dan cita rasanya dari sari makanan tersebut tidak akan berubah. 

Cara Memasak yang Baik dan Benar dengan Menggunakan Convection Oven

1.Turunkan temperatur

Convection oven tidak akan memerlukan suhu yang harus tinggi ketika akan memakainya Anda dapat mengurangi temperatur kurang lebih 20-25 derajat. Hal tersebut dilakukan karena memang penyebaran panas di oven satu ini sudah memakai kipas yang terdapat pada bagian dalamnya. Tanpa harus menggunakan suhu yang tinggi makanan yang dibuat akan matang secara merata. 

  1. Waktu memasak berkurang

Jangan menggunakan waktu memasak seperti yang biasanya dilakukan karena oven konveksi dapat membuat makanan lebih cepat matang secara sempurna. Kurangi sepertiga waktu dalam memasak dari biasa Anda lakukan. Hal tersebut dilakukan agar nanti tidak akan terjadi overcooked dj makanan. 

Jika Anda ingin mendapat hasil akurat bisa membaca terlebih dahulu buku panduan yang sudah disediakan. Biasanya di dalamnya akan ada kalkulator konveksi yang dapat membantu Anda untuk mengatur waktu ketika memasak. 

  1. Gunakan loyang paling tepat

Convection oven yang berbeda dibandingkan dengan jenis oven pada umumnya maka pemakaian loyang juga akan memiliki perbedaan. Misalnya, ketika Anda ingin membuat kue kering menggunakan jenis loyang yang tidak terdapat sisi. Hal tersebut dilakukan supaya lebih dapat membantu suhu meresap secara sempurna di makanan. 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top