4 Manfaat Dari Menerapkan Cara Perawatan Genset yang Benar

Dalam cara perawatan genset, sangat penting untuk membersihkan beberapa bagian penting pada mesin ini. Beberapa diantaranya yang tidak boleh dilewatkan adalah bagian kabel, bahan bakar, dan pembuangan. Kegiatan membersihkan genset ini perlu dilakukan secara rutin bahkan pada saat mesin tidak digunakan. Mengapa? Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa didapatkan dari merawat dan membersihkan genset.

Genset Lebih Bersih dan Sedap Dipandang

Di beberapa usaha, genset tidak bisa diletakkan di ruangan bagian dalam. Hal ini untuk memudahkan Anda pada saat menyalakan atau mematikan mesin tersebut. Nah, jika usaha Anda adalah salah satu yang demikian, tentunya genset Anda akan terlihat oleh orang lain terutama pembeli.

Maka tidak berlebihan jika genset Anda harus selalu dalam kondisi bersih. Alasannya sederhana, agar sedap dipandang dan tidak membuat customer merasa jijik saat melihatnya. Khususnya, jika usaha Anda di bidang kuliner, tentunya hal semacam ini sangat mungkin terjadi.

Mencegah Karat

Bukan tidak mungkin jika genset Anda berkarat apalagi jika tempat usaha Anda cenderung lembab. Cipratan air di sekeliling juga menyebabkan hal ini terjadi. Karena genset terbuat dari besi atau bahan metal lainnya, karat bisa muncul kapan saja jika hal itu terjadi.

Salah satu antisipasinya tentu saja dengan membersihkan genset secara teratur baik di bagian dalam maupun bagian luar. Untuk bagian luar, Anda bisa membasuhnya dengan sedikit terlebih dahulu kemudian dilap dengan kain kering. Setelah itu, pastikan untuk menyimpan genset di tempat kering tapi juga terlindungi dari jangkauan sinar matahari.

Mencegah Kerusakan Mesin

Genset yang kotor bagian luar mungkin efek sampingnya hanya kurang sedap dilihat saja. Namun jika kotoran banyak terdapat di bagian dalam, efeknya semakin buruk, yaitu kerusakan mesin. Ya, kotoran yang menumpuk dapat menyumbat beberapa bagian dari genset termasuk bagian bahan bakar dan sistem pembuangan. Padahal, 2 bagian tersebut termasuk yang paling vital pada genset.

Bersihkan genset secara menyeluruh, baik pada bagian luar maupun bagian dalam mesin. Pada bagian dalam, periksa dengan seksama apakah terdapat sumbatan kotoran atau tidak. Jika iya, hilangkan sumbatan tersebut hingga benar-benar bersih untuk mencegah kemacetan pada mesin genset.

Mencegah Konslet Pada Kabel

Komponen lain yang wajib dicek secara berkala adalah pada bagian kabel. Jangan sampai kabel terlalu kotor apalagi terkelupas karena bisa jadi menyebabkan konslet. Akibatnya tentu saja mesin tidak akan bisa menyala dan bahkan bisa menjadi kerusakan permanen.

Pastikan pula bagian dalam genset selalu kering karena akan mengakibatkan masalah yang sama. Saat membersihkan genset bagian dalam, lap sampai bersih apabila terdapat bagian-bagian yang lembab dan berair. Dengan demikian, Anda sudah menerapkan cara perawatan genset dengan benar.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top