Mengenal Macam – macam Sertifikasi Lulusan Mata Kuliah Data Science Berikut

Bagi seseorang yang sudah lulus mengambil jurusan mata kuliah data science, biasanya akan melakukan yang namanya proses sertifikasi dan training. Hal ini dilakukan, untuk membantu meningkatkan kemampuan dalam bidang data science tersebut. Lantas apa saja macam – macam sertifikasi dari lulusan jurusan data science tersebut, simak jawaban selengkapnya di bawah ini.

Macam – macam sertifikasi khusus lulusan jurusan data science 

Penting untuk Anda ketahui, bahwa masalah sertifikasi dan training merupakan hal yang memiliki peranan penting dalam bidang data science. Sebab meskipun seseorang merupakan lulusan jurusan data science, tetap saja orang tersebut membutuhkan yang namanya sertifikasi dan training. Sehingga, kemampuan yang dimiliki dalam bidang tersebut semakin terlatih dan terasah dengan baik.

Berbicara mengenai sertifikasi data science, umumnya ada beberapa banyak jenis sertifikasi yang disediakan. Apabila Anda penasaran mengenai apa saja macam – macamnya, bisa melihat daftarnya berikut ini.

  1. IBM Data Science Professional Certificate

Diketahui, IBM Data Science Professional Certificate ini merupakan sertifikasi yang diberikan oleh pihak IBM dan dirancang sedemikian rupa dalam memberikan pemahaman secara mendalam terkait beberapa hal tertentu. Yakni mengenai proses analisis data dengan menggunakan alat – alat khusus IBM di dalamnya.

Adapun mengenai program yang ditawarkannya biasanya berupa pengantar tentang data science, bahasa pemrograman Python, SQL dan masih banyak lagi. Dengan sertifikasi ini, maka seseorang akan menguasai kemampuan analisis data dengan baik serta bisa fokus dengan alat – alat yang digunakan di industri teknologi.

  1. Microsoft Azure Data Scientist Associate

Berikutnya, ada yang namanya sertifikasi Microsoft Azure Data Scientist Associate yang juga turut diberikan kepada lulusan mata kuliah data science setelah mengikuti pelatihan khusus di dalamnya. Seperti namanya, sertifikasi ini diberikan oleh pihak Microsoft Azure dengan memfokuskan pemahaman dan kemampuan dalam mengelola dan menganalisis data dengan platform Azure.

Di dalamnya, seseorang akan mempelajari program teknik pengumpulan data, eksplorasi data dan penggunaan alat machine learning di Azure. Ketika seseorang memiliki sertifikasi ini, maka mereka akan dapat menunjukkan kemampuan sebagai data scientist dengan layanan cloud terkemuka. 

  1. SAS Certified Big Data Professional

Yang terakhir, ada sertifikasi SAS Certified Big Data Professional yang juga turut diberikan oleh para lulusan jurusan data science. Diketahui SAS sendiri merupakan sebuah perangkat lunak analisis data terkemuka di dunia yang banyak digunakan oleh berbagai industri teknologi dan industri lainnya.

Adapun sertifikasi satu ini, umumnya menekankan pada penggunaan perangkat lunak SAS untuk analisis data dan juga Big Data. Sehingga tidak heran, jika pemanfaatan program ini sangat cocok bagi orang – orang yang tertarik dengan proses analisis data yang komprehensif dengan perangkat lunak SAS. 

Itulah tadi beberapa sertifikasi khusus yang umumnya bisa diperoleh para lulusan mata kuliah data science setelah mengikuti kegiatan training tertentu.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top