Pengertian dan Kelebihan Pemasangan Implan Gigi, Ini Yang Perlu Diketahui!

Apakah Anda mempunyai gigi tanggal atau ompong? Jika ya, maka pemasangan dan harga implan gigi dapat menjadi salah satu solusinya. Ini merupakan prosedur pemasangan gigi palsu permanen yang akan ditanam ke tulang rahang. 

Dibandingkan dengan prosedur pemasangan gigi lainnya, maka prosedur implan ternyata mempunyai sejumlah keuntungan seperti memudahkan dalam mengunyah hingga daya tahan lama. Tetapi sebelum dilakukan proses pemasangan, dokter biasanya akan memastikan apabila kondisi kesehatan pasien terutama gusi dan mulut sudah mendukung. 

Pengertian Implan Gigi 

Implan gigi merupakan sebuah prosedur penanaman akar gigi buatan dengan bentuk seperti baut pada rahang. Prosedur tersebut dilakukan untuk menopang mahkota dari gigi buatan atau crown gigi. Implan biasanya akan terbuat dari logam khusus seperti titanium. 

Prosedur ini biasanya hanya dapat dilakukan oleh dokter gigi spesialis bedah mulut serta terdiri dari sejumlah tahap. Setiap tahapannya juga membutuhkan waktu cukup lama karena memang prosesnya mempunyai risiko tinggi sehingga harus dilakukan dengan cukup hati-hati

Tujuan dari prosedur implan gigi sendiri dilakukan untuk mengganti satu atau lebih gigi yang sudah hilang akibat ompong, infeksi, berlubang, penyakit gusi ataupun karena cidera. Selain bisa memperbaiki penampilan juga dapat membantu mengembalikan fungsi gigi dengan baik. 

Jika ingin melewati tahap ini, maka terdapat sejumlah tahapan diantaranya adalah mempunyai tulang rahang yang sudah tumbuh dengan sempurna, mempunyai mulut dan gusi sehat, tidak mempunyai cacat pada rahang dan lainnya. Untuk syarat lebih jelas, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter gigi terbaik. 

Kelebihan Pemasangan Implan Gigi Palsu 

Walaupun prosedur ini membutuhkan biaya cukup mahal dan proses cukup panjang, tetapi banyak orang memilih prosedur pemasangannya karena sejumlah kelebihannya. Berikut beberapa kelebihan yang bisa didapatkan dari prosedur implan gigi. 

  1. Mempunyai Daya Tahan Bagus 

Salah satu alasan kenapa harga implan gigi menjadi solusi terbaik adalah memiliki daya tahan cukup bagus dibandingkan dengan gigi tiruan sementara. Bahkan apabila dirawat dengan baik, bukan tidak mungkin kalau daya tahannya bisa mencapai seumur hidup. 

  1. Mencegah Adanya Gangguan Ketika Bicara 

Gigi palsu yang tidak terpasang dengan sempurna, maka lebih berisiko bergeser atau terlepas. Ini tentu akan mengakibatkan ketika sedang berbicara suara yang keluar akan terdengar tidak jelas. Tetapi ketika menggunakan implan gigi, maka akan membuat seseorang dapat bicara dengan lancar. 

  1. Tidak Mengganggu Gigi Lainnya 

Karena perawatan gigi palsu ini dapat berdiri sendiri maka dijamin tidak akan mengganggu gigi lainnya. Adanya kondisi itulah tentu akan membuat gigi yang sehat bisa bertahan tanpa perlu diasah seperti prosedur pemasangan gigi palsu lainnya. 

Memiliki gigi yang hilang bukan hanya dapat mengganggu kegiatan mengunyah saja, tetapi juga dapat menghilangkan rasa percaya diri seseorang. Itulah mengapa prosedur pemasangan dan harga implan gigi yang terjangkau dapat menjadi solusi terbaik untuk masalah Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top