Mengenal Seperti Apa Itu Kanal U Baja Ringan Dan Juga Kegunaannya

Kanal U atau disebut juga dengan besi kanal UNP merupakan salah satu diantara jenis besi baja yang populer. Biasanya kanal U baja ringan ini digunakan dalam konstruksi baja sebagai penyangga utama atau penopang. Ketahui lebih lanjut mengenai seperti apa itu besi baja kanal U dan apa saja kegunaannya berikut ini.

Apa Itu Kanal U Baja Ringan?

Besi kanal U adalah besi yang bentuknya melengkung seperti huruf U atau disebut juga kanal U Channel Steel. Kanal U ini merupakan material besi baja yang pembuatannya berdasarkan pada standarisasi Eropa yang seringkali digunakan sebagai suatu bagian dari proses pembangunan struktur bangunan sampai dengan aplikasi industri. 

Besi U atau UNP sifatnya ringan akan tetapi kuat dan sangat tahan terhadap asam basa. Biasanya besi UNP tersebut tersedia dalam berbagai macam ukuran. Berbagai macam ukurannya tersebut mengikuti ukuran dimensinya. 

Kegunaan Kanal U

Mungkin anda suatu waktu pernah bertanya-tanya sebenarnya apa kegunaan besi kanal U itu? Kanal U ternyata memiliki beragam kegunaan atau fungsi khususnya dalam hal konstruksi bangunan.

Secara umum, baja kanal U ini seringkali digunakan sebagai purlin. Purlin sendiri ialah balok penutup rangka atap.

Selain penutup atap, banyak juga diaplikasikan untuk menopang jembatan. Kemudian, kegunaan lainnya adalah untuk memperkuat saluran air. Pembangunan saluran air yang panjang serta terletak di bawah jalan utama, dapat memanfaatkan besi ini untuk menjadikan penutup atasnya kokoh.

Biasanya digunakan untuk saluran air drainase di sawah, dan saluran air bersih. Tidak hanya itu saja, seringkali juga dipakai untuk struktur tangga, konstruksi bak mobil, dan tak jarang juga ditemukan dalam pembuatan gardu listrik, kontainer sampah, dan lain sebagainya.

Banyak juga, ya, kegunaan dari jenis besi kanal U baja ringan atau besi UNP ini. Kegunaannya yang begitu bermanfaat di dalam dunia konstruksi tersebut menjadikan bahan material bangunan berupa kanal U yang satu ini layak sekali untuk dipertimbangkan. Itulah sekilas tentang apa itu kanal U beserta berbagai macam kegunaannya.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top