Ini Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Jenis Genteng Galvalum

Ketika ingin merenovasi rumah agar tampak lebih modern maupun ketika sedang membangun rumah dengan garasi, salah satu yang harus dipertimbangkan ialah memilih jenis atap. Genteng galvalum termasuk ke dalam contoh jenis atap yang cukup populer dan harga genteng galvalum juga terjangkau. Berikut sejumlah alasan mengapa anda perlu mempertimbangkan jenis atap yang satu ini sebagai pilihan anda.

  1. Lebih Fleksibel

Alasan yang pertama adalah karena jenis galvalum lebih fleksibel. Genteng galvalum bukan hanya berbentuk lembaran yang lurus, tetapi ada pula yang bentuknya melengkung. 

Adanya bentuk lengkung pada jenis galvalum menjadikan tampilannya lebih menawan/menarik, serta kuat karena tidak ada sambungan pada panjang atapnya. Karena itulah mengapa panjang pada atap galvalum tersebut dapat di order sesuai dengan kebutuhan. 

  1. Tahan Cuaca dan Rayap

Material galvalum tak mudah dimakan oleh rayap. Tidak sama seperti jenis material kayu, atap galvalum ini tak menyusut maupun memuai dengan berlebihan, selain itu galvalum juga bersifat non combustible (tidak merambatkan/membesarkan api). 

Lapisan alumunium & seng menjadikan baja lebih terlindungi dari proses oksidasi yang mengakibatkan logam mudah rusak dan berkarat. Ini salah satu faktor yang bisa dipertimbangkan untuk pembuatan rumah genteng galvalum anda.

  1. Bukan Sembarang Atap Seng

Galvalum memiliki komposisi pelapis berupa alumunium 55%, seng, dan silikon 1,5%. Komposisi lapisan inilah yang membuat jenis galvalum ini punya keunggulan dan keistimewaan tersendiri.

  1. Cocok untuk Garasi dan Kondisi Lainnya

Jenis atap ini dapat menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai kebutuhan seperti kanopi rumah, lapangan futsal, atap garasi, atap ruko, halte bus, dll. Apalagi sifatnya yang tak mudah berkarat dan juga kuat. Akan tetapi, lingkungan yang sifatnya alkalis misalnya tepi laut sepertinya kurang cocok untuk pemakaian galvalum.

Sama halnya lingkungan yang punya kemungkinan tinggi menyebabkan goresan/gesekan keras sehingga merusak lapisan galvalumnya. Dua kondisi tersebut menyebabkan galvalum mudah rusak.

  1. Estetis

Selain itu, nuansa estetis juga dihadirkan oleh atap ini, apalagi anda memilih model genteng galvalum yang berwarna. Bentuknya yang begitu fleksibel jadi memberi kebebasan bagi para desainer serta arsiteknya dalam berinovasi walaupun harga genteng galvalum ini bisa sedikit lebih mahal. Lapisan silikon juga membuat tampilannya lebih cerah dan mengkilap.

  1. Ringan

Galvalum disebut juga baja ringan, tentunya ia bermassa ringan apalagi jika dibandingkan atap keramik/tanah liat. Pada akhirnya ini akan mempengaruhi rangka yang dipakai. Apabila atap ringan, beban yang ditanggung rangka serta konstruksi lainnya seperti dinding, pondasi dan kolom juga jadi lebih ringan.

Baja ringan atau galvalum tersedia dengan berbagai ukuran dan variasi warna yang dapat anda pilih. Untuk harganya sendiri juga beraneka ragam, anda bisa bertanya-tanya terlebih dahulu kepada pihak penyedia genteng galvalum yang sudah anda pilih tersebut. Itulah berbagai alasan mengapa anda perlu mempertimbangkan dan harus memilih jenis dan harga genteng galvalum.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top