Tips Mencari dan Memilih Rangka Baja Terbaik

Bagi yang ingin mencari dan menggunakan rangka baja terbaik, memang diperlukan trik jitu dalam memilih. Agar tidak salah dan berpengaruh terhadap pembangunan kedepannya, maka Anda harus mengetahui cara terbaik untuk memilihnya. Karena, memilih rangka baja mungkin tidak akan terlalu sulit tetapi juga tidak bisa dianggap enteng terutama bagi yang masih awam.

Tips Memilih Rangka Baja

Jika Anda ingin mengetahui tips efektif memilih rangka baja terbaik, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Lakukan Tes Sederhana

Untuk memilih rangka baja, biasanya juga ada tes tersendiri, maka lakukan sebuah tes sederhana untuk dapat menemukan yang terbaik. Ada beberapa jenis tes yang bisa dilakukan, seperti :

  1. Uji Lendut

Pertama kali yang dilakukan adalah tes lendut, yang artinya pengujian untuk melihat lendutan rangka baja. Dimana rangka baja yang terbaik berdasarkan pengetesan ini adalah rangka baja yang bisa menahan atau menopang beban di atasnya.

  1. Uji Tekuk

Masih ada pengetesan berikutnya yaitu uji tekuk. Untuk pengetesan kali ini sudah jelas untuk bisa mengetahui seberapa kuat rangka baja ditekuk dengan mudah.

  1. Uji Berat

Uji atau tes yang terakhir ini adalah uji berat, yaitu mengetes beban dari rangka baja tersebut. Dimana rangka baja yang baik adalah yang memiliki berat sesuai dengan tabel berat rekomendasi Internasional dan SNI.

  1. Pilih yang Menggunakan Pelindung Karat

Cara berikutnya adalah dengan memilih rangka baja yang menggunakan pelindung karat. Dimana pelindung karat tersebut haruslah pelindung yang dilapisi atau mengandung zat aluminium dan zinc.

  1. Pastikan Bersertifikat SNI

Selain dua cara di atas, perlu diikuti juga cara yang satu ini. Yaitu, memastikan produk atau rangka baja yang memang sudah bersertifikat SNI. Artinya, produk tersebut memang sudah terjamin keamanannya dan berkualitas tinggi.

Pemasangan Terbaik Rangka Baja

Apabila Anda sudah berhasil memilih rangka baja terbaik yang akan digunakan, maka Anda pun harus memahami bagaimana cara pemasangan terbaiknya meskipun akan dibantu oleh pakarnya. Salah satu caranya adalah dengan harus memperhatikan beberapa hal terkait pemasangan, seperti menentukan bentuknya, menentukan jenis materialnya dan juga jenis baja ringan serta ketebalannya juga.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Scroll to Top